8 Cara Mengurangi Stres Di Hari Pindahan

8 cara mengurangi stres di hari pindahan
Image by Drazen Zigic on Freepik

8 Cara Mengurangi Stres Di Hari Pindahan

Pindahan bisa membuat stres, tetapi Anda tidak harus menghadapinya sendirian. Kami telah mengumpulkan beberapa tips dari para ahli tentang cara mengurangi stres di saat hari pemindahan tiba.

1. Merapikan

Untuk memulai mengurangi stres di hari pindahan, maka kita perlu menrapikan. Hidup kita penuh dengan kekacauan, entah kita menyadarinya atau tidak. Sangat mudah untuk mengumpulkan barang-barang yang tidak berguna lagi bagi kita dan menyimpannya untuk berjaga-jaga kalau-kalau suatu saat berguna (tidak akan berguna).

Mulailah dengan langkah-langkah kecil: kenali 5-10 barang yang tidak dapat Anda tinggalkan dan segera singkirkan. Sumbangkan jika masih bisa digunakan, buang jika tidak. Jangan khawatir tentang pendapat orang lain tentang keputusan Anda—satu-satunya pendapat yang penting adalah milik Anda! Jika ada sesuatu yang membuat Anda merasa tidak enak saat melihatnya atau menggunakannya (misalnya, celana jins lama), singkirkan juga! Jangan menyimpan barang yang rusak juga—jika sesuatu tidak berfungsi lagi, singkirkan!

Saat membersihkan barang-barang Anda, usahakan tidak hanya untuk membersihkan barang-barang yang berantakan tetapi juga hal-hal yang membuat Anda tidak nyaman secara emosional; misalnya jika seseorang meninggal baru-baru ini maka pertimbangkan untuk mengembalikan beberapa barang pribadi agar tidak mengingatkan diri sendiri pada hari pindahan.

Image by jcomp on Freepik

2. Mengepak Boks Barang Penting

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi stres pada hari pindahan adalah mengepak atau mengemas boks barang penting, lalu menyimpannya bersama Anda setiap saat. Ini akan membantu memastikan bahwa Anda dapat melakukan tugas-tugas di menit-menit terakhir tanpa harus pulang dan berisiko kehilangan jendela karena menggunakan kamar kecil terdekat atau makan.

Boks barang penting harus berisi barang-barang seperti perlengkapan mandi, makanan ringan, makanan hewan peliharaan, dan mangkuk air (jika ada), perlengkapan P3K, tisu, dan pembersih tangan—apa pun yang mungkin berguna selama proses tersebut. Misalnya: jika Anda pindah di saat musim panas atau berencana untuk menghabiskan waktu di luar rumah sambil mengepak/membongkar barang-barang Anda di dalam kompleks apartemen atau kompleks unit penyimpanan, jangan lupakan tabir surya!

Idealnya, boks ini harus disimpan di tempat yang mudah dijangkau dari kedua sisi kendaraan Anda (misalnya: di belakang salah satu kursi penumpang belakang). Anda akan menginginkan banyak ruang kosong di belakang kursi depan untuk memuat barang-barang berat ke dalamnya setelah dikeluarkan dari boks atau tas mereka selama waktu bongkar… dan jika memungkinkan, sisakan cukup ruang sehingga orang lain yang mengemudi dengan mereka tidak keberatan menyimpan ransel atau koper mereka dan lain-lain di tempat lain saat mengemudi di sekitar kota menjalankan tugas sebelum kembali ke rumah lagi nanti hari ini juga!

3. Miliki Kalender Pindahan

a. Rencanakan hari besar.

b. Rencanakan untuk minggu sebelumnya.

c. Rencanakan untuk minggu berikutnya.

d. Rencanakan bulan berikutnya, terutama jika Anda pindah ke daerah, provinsi atau negara baru.

4. Meminta Bantuan

a. Meminta bantuan.

b. Jangan takut untuk meminta bantuan dari teman atau keluarga, meskipun menurut Anda mereka terlalu sibuk atau lelah. Lebih baik bertanya daripada tidak memiliki cukup bantuan pada hari pindahan.

c. Bersedia untuk mengatakan tidak kepada orang lain yang menawarkan jasa mereka. Jika seseorang menawarkan untuk datang dan membantu Anda mengepak atau mengemudikan truk, ucapkan terima kasih, tetapi beri tahu mereka bahwa Anda mengendalikan semuanya.

d. Jika semuanya gagal, pertimbangkan untuk mempekerjakan profesional seperti penyedia layanan jasa pindahan yang dapat menangani semua pekerjaan berat sehingga yang perlu Anda khawatirkan hanyalah ke mana segala sesuatu berjalan di rumah atau apartemen baru Anda.

5. Persiapkan Rumah atau Apartemen Baru Anda

Anda harus bisa pindah ke rumah atau apartemen baru Anda tanpa harus khawatir memindahkan furnitur apa pun. Namun jika Anda berpindah dari satu tempat ke tempat lain, ada baiknya mempersiapkan transisi dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak perlu dan menata ruangan sebaik mungkin.

Mempersiapkan rumah atau apartemen baru Anda sebelum hari pindahan membantu mengurangi stres saat pindahan baik secara fisik maupun emosional. Paling tidak, itu akan memberi Anda lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga ketika mereka datang sambil membantu membawa boks-boks dan furnitur ke dalam mobil atau truk mereka.

6. Tetap Teratur

a. Tetap teratur. Cara terbaik untuk memastikan Anda tidak kehilangan akal pada hari pindahan adalah dengan tetap teratur.

b. Gunakan kalender. Pasang kalender dinding kosong atau buat kalender di Google Kalender, dan gunakan untuk melacak berbagai janji pemindahan yang akan Anda lakukan dengan penyedia layanan pindahan, pembersih, tukang ledeng, dan lain-lain. (Pastikan untuk mencatat hari mana yang merupakan hari libur sehingga tidak ada yang mendapat selesai kemudian.)

c. Beri label semuanya dengan jelas. Memiliki boks yang diberi label dengan jelas dapat membantu menghindari kebingungan ketika tiba waktunya untuk membongkar semuanya—namun yang lebih penting lagi adalah memberi label pada setiap boks yang memerlukan perhatian khusus saat membongkar (seperti “rapuh” atau “penting”). Jangan lupakan hal-hal seperti peralatan dapur dan perlengkapan kamar mandi juga! Hal ini tidak hanya membuat pembongkaran menjadi lebih mudah bagi semua orang yang terlibat; itu juga berarti lebih sedikit barang yang rusak di kemudian hari karena orang lain ceroboh dengan metode pengepakan sebelum Anda tiba di sana.

7. Makan dengan Baik dan Istirahat yang Cukup

a. Makan dengan baik dan istirahat yang cukup.

b. Jangan minum atau makan terlalu banyak kafein, karena dapat membuat Anda mudah tersinggung.

c. Hindari alkohol, yang dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat mengganggu penilaian Anda.

d. Dapatkan tidur malam yang nyenyak sebelum pindah hari.

e. Beristirahatlah jika Anda membutuhkannya!

8. Sisihkan Waktu untuk Bersantai

a. Berdoa atau bermeditasi.

b. Jalan-jalan.

c. Lakukan sesuatu yang Anda sukai seperti membaca buku atau menonton TV.

d. Minumlah air putih dan makan camilan sehat yang tidak mengandung gula, kafein, dan garam.

Pindahan bisa membuat stres, tetapi tips di atas dapat membantu mengendalikannya.

Pindahan adalah perubahan hidup yang besar. Ini bisa membuat stres, tetapi juga normal untuk merasa stres saat Anda berada di tengah begitu banyak perubahan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba dan menjaga agar stres tidak terkendali:

  • Tetap teratur. Pantau terus apa yang telah dikemas dan pastikan semuanya diberi label dengan jelas sehingga mudah ditemukan setelah waktunya dibuka.
  • Mintalah pertolongan jika Anda membutuhkannya. Jika ada hal-hal tertentu yang sulit bagi Anda atau orang lain di rumah Anda, mintalah bantuan orang lain—dengan begitu semua orang dapat menyelesaikannya lebih cepat!

Kesimpulan

Pindahan adalah perubahan besar dalam hidup, tetapi itu bisa menjadi lebih mudah jika Anda mempersiapkannya. Perhatikan tip-tip di atas dan gunakan dalam proses pindahan Anda sendiri, dan Anda akan segera menuju pengalaman yang tidak terlalu membuat stres.